merawat jaket kulit a la superwash

Jaket kulit pada awalnya memang identik dengan pecinta motor gede. Akan tetapi, dewasa ini jaket kulit tidak lagi menjadi old-fashion. Jaket kulit sudah merambah di berbagai kalangan, bahkan menjadi trend setter. Hal ini disebabkan oleh kesan elegan yang ditimbulkan dari jaket kulit. Pemakai jaket kulit akan merasa lebih elegan dan percaya diri. Hal inilah yang membuat jaket kulit menjadi long lasting. Jika berbicara perihal jaket kulit, di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Bantul terdapat daerah khusus perajin jaket kulit. Daerah tersebut terkenal dengan nama Manding. Oleh sebab itulah, di Yogyakarta lebih banyak ditemukan pengguna jaket kulit dibandingkan dengan daerah lain.
Mayoritas pengguna jaket kulit memperlakukan perawatannya sama dengan jaket-jaket lainnya. Hanya dicuci, disetrika, dan disimpan begitu saja. Padahal jaket kulit harus dirawat secara khusus agar usianya lebih panjang mengingat jaket kulit ini memiliki kisaran harga yang jauh di atas harga jaket pada umumnya. Jadi, sangat disayangkan jika jaket yang seharusnya berumur lebih panjang menjadi cepat rusak dan tidak terawatt. Oleh karena itu, Mrs. Wash ingin berbagi tips cara merawat jaket kulit yang baik dan benar, khususnya untuk warga Yogyakarta dan Jawa Tengah yang suka sekali menggunakan jaket berbahan kulit ini :D.
1. Sebisa mungkin, hindarkan jaket kulitmu dengan air hujan, terutama hujan deras. Air hujan akan membuat warna jaket kulit menjadi pudar dan strukturnya menjadi rusak. Apabila air hujan tidak dapat terhidarkan, jangan sekali-kali melipat jaket dalam keadaan basah terkena air hujan. Tunggu benar-benar kering barulah jaket boleh dilipat dan dimasukkan ke dalam tas atau tempat penyimpanan.
2. Lakukan perawatan terhadap jaket kulit paling tidak sebulan sekali. Perawatan dapat dilakukan dengan mengolesi jaket kulit dengan lotion khusus kulit atau baby oil.
3. Jangan pernah mencuci jaket kulit kesayangan menggunakan deterjen. Deterjen dengan cepat bisa merusak warna asli jaket kulit. Jika ingin mencuci, cukup gunakan shampoo. Jaket kulit yang tidak terlalu kotor juga tidak perlu langsung dicuci. Jangan terlalu sering mencuci jaket kulit. Cukup bersihkan jaket dengan lap, lotion, dan semprot dengan pewangi baby (parfume baby).
4. Jaket kulit juga tidak boleh dicuci dengan cara disikat. Menyikat jaket hanya akan merusak jaket. Jika jaket sangat kotor, rendam jaket menggunakan air rendaman shampoo selama kurang lebih 15 menit.
5. Setelah mencuci, jemur jaket di area yang memiliki sirkulasi udara yang sedang, tidak terlalu panas dan tidak terlalu lembab.
6. Apabila jaket kulit berjamur, cobalah dengan merendamnya di larutan cuka. Buat larutan cuka dengan skala 1:1. Bersihkan jamur dengan lap bersih yang sudah di basahi larutan cuka tersebut. Kemudian gantung dan keringkan.
Nah sekarang jaket kulit kamu siap digunakan dan dijamin akan berusia lebih lama ;).