Apa itu Mesin Cuci?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mesin (noun) berarti perkakas untuk menggerakkan atau membuat sesuatu yang dijalankan dengan roda, digerakkan oleh tenaga manusia, atau motor penggerak menggunakan bahan bakar munyak atau tenaga alami, sedangkan cuci (verb) proses membersihkan sesuatu. Mesin cuci berarti alat penggerak yang digunakan untuk mencuci atau membersihkan pakaian kotor.

Menurut situs http://id.wikipedia.org/, mesin cuci adalah sebuah mesin yang dirancang untuk membersihkan pakaian dan tekstil rumah tangga lainnya, seperti handuk dan sprei. Biasanya terbatas ke mesin yang menggunakan air untuk mencuci dan tidak seperti cuci kering yang menggunakan cairan pembersih alternatif dan biasanya dilakukan oleh bisnis khusus.

 

Sejarah Mesin Cuci

Sebuah situs http://engineeringtown.com/ menyebutkan beberapa fakta mengenai  sejarah mesin cuci. Sebelum mesin cuci ditemukan, orang-orang mencuci pakaian secara manual dengan membawa pakaian kotor mereka ke sumber-sumber mata air. Baju dicuci dengan cara diletakkan di atas sebongkah batu besar, dibasahi dengan air, dikucek-kucek, kemudian dipukul-pukulkan pada batu besar tersebut. Proses pencucian pakaian secara manual tersebut tentu membutuhkan waktu yang cukup lama dan dirasa tidak cukup efektif. Oleh karena itu, orang-orang mulai memikirkan membuat alat pencuci baju dengan inovasi baru.

Setelah itu, muncullah alat pencuci baju berbentuk papan persegi panjang dengan bagian atas yang bergerigi dan terbuat dari bahan dasar kayu. Di Indonesia, papan itu disebut ‘papan penggilesan’.

Kemudian pada tahun 1691 di Inggris muncul desain msin cuci pertama kali yang tidak diketahui penciptanya. Desain tersebut dipublikasikan pada 1967 (http://freestandings.blogspot.com/2011/06/mesin-cuci-washing-machine.html).

Pada 1851, James King untuk pertama kalinya mengenalkan dan mematenkan mesin pencuci baju yang didesain menggunakan sebuah tong. Tong ini digerakkan dengan menggunakan tenaga tangan.

Beberapa tahun setelah itu, pada tahun 1858 seorang ahli bernama Hamiltan Smith mengenalkan serta mematenkan mesin cuci yang dapat berputar. Mesin cuci tersebut kemudian dikembangkan lagi dengan menambahkan gilasan pemeras. Penemuan itu dikembangkan William Blackstone (1874).

Mesin cuci bertenaga listrik kemudian muncul untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh seorang ahli asal Amerika bernama Alfa J. Fisher. Akan tetapi, penemuan mesin bertenaga listrik ini masih memiliki kekurangan.

Kemudian, pada 1930, seorang ahli bernama John W. Chamberlain berhasil menciptakan mesin cuci dengan sistem yang mendekati sempurna. Ia menciptakan mesin cuci yang dapat mencuci, membilas, dan memeras baju dalam satu proses. Kemudian pada pertengahan tahun 1950, mesin cuci dilengkapi dengan alat pengering .

Mesin cuci yang  efektif dengan desain modern mulai diperkenalkan oleh Perusahaan General Electric pada tahun 1957. Mesin cuci ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, salah satunya untuk mengatur suhu air ketika mesin sedang dalam proses membilas dan mencuci.

Perkembangan Mesin Cuci

images

images (2)

images (3)

 

Daftar Rujukan

http://engineeringtown.com/kids/index.php/penemuan/301-sejarah-ditemukannya-mesin-cuci

http://freestandings.blogspot.com/2011/06/mesin-cuci-washing-machine.html

writer&editor: CF